Kombinasi Pemain Muda & Berambisi Juventus: Tangan Dingin Thiago Motta Mulai Terlihat?

Juventus mengalahkan Verona hanya dengan tambahan dua pemain baru, beberapa pemain muda dan pemain seperti tahun lalu. Tapi semuanya sudah berubah.

GOAL Indonesia hadir di WhatsApp Channel

Ikuti sekarang

Dua kemenangan, enam gol dicetak, tidak kebobolan. Juventus asuhan Thiago Motta memulai dengan kuat, sangat kuat.

Dan dia melakukannya, karena satu dan lain hal, tanpa mengandalkan banyak pemain baru di musim panas ini.

Faktanya, hanya Di Gregorio dan Cabal yang tampil melawan Verona. Selebihnya, Juventus masih sama seperti tahun lalu, ditambah beberapa pemain muda. Tapi mereka adalah anak muda yang luar biasa.

Singkatnya, tidak akan mudah bagi pemain baru untuk mendapatkan tempat di starting XI juga karena Thiago Motta tidak memandang langsung siapa pun atau pilih kasih.

Artikel dilanjutkan di bawah ini

Pesan Yang TegasSingkatnya, masuknya pemain baru dapat dilakukan tanpa tergesa-gesa.Juga karena pertama-tama mereka harus mengerahkan segalanya untuk memulai era baru dan memahami apa yang diinginkan Thiago Motta.Dan sang pelatih telah mengirimkan pesan yang jelas kepada rekrutan baru mereka: “Nico Gonzalez dan Conceiçao? Mereka harus segera beradaptasi dengan grup pada saat ini untuk tampil lebih baik lagi”.Singkatnya, tempat di tim Juventus ini tidak terjamin. Tidak untuk siapa pun.

Memainkan Pemain Yang Paling LayakUntuk pertanyaan spesifik yang diajukan dalam konferensi pers oleh seorang jurnalis pada malam debut Motta memimpin Juve di Serie A melawan Como tentang bagaimana dia memutuskan pemain mana yang akan diturunkan, ia menjawab dengan singkat: “Yang paling layak”.Hal ini menjelaskan pilihan untuk tidak memasukkan Danilo dan Douglas Luiz, rekrutan termahal (sejauh ini) di musim panas Juventus, sejak menit pertama.Dan semua itu terjadi tentu saja karena tidak bisa mengandalkan skuad yang berlimpah. Sebaliknya, situasi itu justru membuat Thiago Motta tidak tertekan, dan menunjukkan bahwa ia menempatkan idenya tentang sepakbola di atas segalanya.

Keberanian & KetegasanThiago Motta telah menunjukkan keberanian besar sejak ia mendarat di Continassa.Salah satu keputusan tegasnya adalah mengeluarkan Federico Chiesa, salah satu wajah Juventus yang sudah lama dan paling dicintai oleh para penggemar.Tentu saja, situasi kontrak mungkin berpengaruh pada keputusan tersebut, tetapi Thiago Motta menegaskan: Chiesa tidak masuk dalam rencananya. Titik.Dan jika tidak ada pemain sayap lain yang tersedia, Thiago Motta memilih pemain muda Mbangula, yang mampu mencetak gol dan memberikan assist dalam dua penampilan pertamanya di Serie A.

Solid & EfektifJuventus asuhan Thiago Motta mungkin belum mencuri perhatian dalam hal estetika dan tidak bermain dengan kecepatan tinggi, namun mereka sudah sangat solid dan sangat efektif.Coba bayangkan bagaimana lawan sejauh ini hanya menembakkan satu tembakan tepat sasaran dalam 180 menit lebih. Terlebih lagi, itu juga terjadi di penghujung pertandingan melawan Verona, dengan laga dimenangkan oleh Bianconeri dengan skor 3-0.Juventus menekan tinggi ketika mereka harus melakukannya, yang berbuah pada gol pembuka mereka di Bentegodi, tapi mereka juga tahu bagaimana caranya bertahan tanpa merasa tertekan.Memang solid dan efektif. Seperti halnya setiap tim hebat.

AntusiasmePerasaannya, tim Juventus ini akhirnya bermain sepakbola sambil bersenang-senang dan tanpa rasa takut.Hal tersebut terlihat dari senyuman seluruh pemain di lapangan, dikendalikan dari jarak jauh oleh Thiago Motta yang selalu siap memberikan semangat kepada mereka dari bangku cadangan.Sang pelatih sering tertangkap kamera memberikan tepuk tangan kepada tim bahkan saat para pemain melakukan umpan buruk.”Kepercayaan” adalah kata yang diulang beberapa kali oleh pemain selama wawancara. Salah satu yang mungkin hilang dan tampaknya diberikan oleh Thiago Motta kepada skuad hanya dalam beberapa pekan.Kasus yang paling mencolok adalah Manuel Locatelli, yang sepenuhnya berubah dan termasuk yang terbaik dalam kedua pertandingan resmi pertamanya musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *